Mudah loh pasang lampu Projie Sendiri

Assalamu'alaikum para pembaca, kemajuan teknologi yang semakin pesat, pasar dunia otomotif pun seolah tidak ada matinya, awal tahun 2015 saya meminang Suzuki Address 110 yang menurut saya paling pass untuk saya pulang pergi merantau, karena bagasi yang mumpuni dan ruang tangki yang besar dikelasnya sehingga saya berpikir untuk meminang suzuki address. disinlah saya mulai ingin memodifikasi Suzuki Address, namun sayang dimana motor lain sudah menggunakan sistem penerangan menggunakan Lampu LED (Light Emitting Diode) yaitu suatu lampu indikator dalam perangkat elektronika yang biasanya memiliki fungsi untuk menunjukkan status dari perangkat elektronika tersebut.
Memodifikasi Projie Lamp Suzuki Address atau itu sangat mudah loh bro n sist, untuk
tingkat keahlian hanya diperlukan rasa kasih sayang terhadap mika lampu, karena mika headlamp rentan pecah jika terkena tekanan yang kuat.
Nah untuk pengerjaanya bro n sist cukup sediakan
1. Panci Seukuran Headlamp.
2. 2-3 Buah Sendok Makan (Ga usah pake piring apalagi nasi).
3. Kompor Gas (Jangan korek gas, lama matangnya).
4. Lap Untuk pegangan (kecuali sudah tahan panas tangan kalian).
5. Kabel Secukupnya
6. Switch Saklar Lampu (Saya gunakan saklar lampu Suzuki Spin).
7. Lem Peralaon / Lem Uhu
8. Lampu Projie << jangan sampai lupa, karena ini yang akan kita pasang. :D
Cara pengerjaan,
Pertama lepas semua baut yang mengikat antara headlamp dengan body motor / kepala sepeda motor, kemudian lepas bohlamp bawaan, simpan yang baik, karena mudah pecah, jauhkan dari jangkaun anak anak.


Kemudian panaskan air didalam panci / wajan sampai mendidih, fungsi air yang mendidih ialah untuk agar supaya dan biar lem yang menempel antara mika dan reflektor headlamp meleleh dan mudah untuk melepaskannya. setelah air mendidih masukan headlamp yang sudah siap untuk dipanaskan, secara berurutan memutar dimana bagian mika dan reflektor tertempel.
setelah merasa cukup, congkelah reflector dan mika menggunakan sendok, kenapa menggunakan sendok? bukan menggunakan obeng min, karena sendok mempunyai bahan yang tidak terlalu keras sehingga lebih safety dibandingkan dengan menggunakan obeng min yang keras, yang seringkali mengakibatkan mika headlamp pecah.
Setelah berhasil memisahkan antara reflector dan mika, ciee jadi orang ketiga, tukang misah2in, eh. buka lah projie led antara pengikat(pelepas panas) dan lampu,
kemudian masukan projie led dari depan reflector, setelah selesai seting posisi sorot lampu sebelum anda menutup kembali reflector dengan mika headlamp.

Setelah semua terpasang rapih, tutup kembali reflector dengan mika headlamp secara rapat, sebelumnya oleskan sudut reflector menggunakan lem peralon atau lem merk uhu (banyak di indo/alfa mart) agar reflector dan mika lampu terpasang rapat kembali.


*Jangan lupa kalo antum pengen kaga aho lagi, antum pasang saklar lampu di motor antum, dan untuk pemasangan kabel, harus menggunakan arus dc, saya melakukannya hanya dengan membuat arus dc mengambil arus positif dari kontak on dan arus negatif melalui groud/masa/rangka sepeda motor dimana saya menggunakan saklar lampu untuk memutus arus positif.
bagaimana? mudah mukan memasang projie sendiri?

Tunggu artikel berikutnya untuk cara pemasangan arus projie.
untuk melihat hasil pemasangan projie led bisa klik tonton video projie led suzuki address 
jangan lupa follow blog saya ya untuk medapatkan artikel yang ga terlalu penting berikutnya.

#salamKompor.

23 Comments

  1. Tekor ga klo langsung ke accu gitu tnpa mmperkuat pengisian arus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu buat beat karbu mentok ngk sama ttp penyalur panas nya gan, ane pasang LED yg da kipas mentok.

      Delete
    2. potong dikit dudukan ya bg, yg dudukan lampu

      Delete
    3. Bang harus d coak ga lubang untuk lampunya . buat beat karbu

      Delete
  2. Itu lampu nya berapa inch gan kalo boleh tau

    ReplyDelete
  3. Gan ane masang kok yang tengah nya mati ya awal nya gak trus tak idupin udah nornal trus aku matiin lagi idupin lagi yang led tengah putih mati
    Saran gan motor ane beat fi pake projie merk goyo

    ReplyDelete
  4. Maaf bos numpang tanya. Apa harus pake komponen ballast lagi masangnya..
    Saya sudah beli tp tidak bisa pasangnya, ada 3 kabel hitam, kuning, merah itu masuknya kemana saja.. bwt motor scorpio

    ReplyDelete
  5. Maaf bos numpang tanya. Apa harus pake komponen ballast lagi masangnya..
    Saya sudah beli tp tidak bisa pasangnya, ada 3 kabel hitam, kuning, merah itu masuknya kemana saja.. bwt motor vixion 2009

    ReplyDelete
  6. Saya udah beli tapi gk bisa masangnya gmna nih motor saya beat fi 2016

    ReplyDelete
  7. Bobok reflektornya pake apa yg gampang

    ReplyDelete
  8. Bobok reflektornya pake apa yg gampang

    ReplyDelete
  9. Maaf bang mau nanya klo proji yg kecil tinggal pasang kyk lampu biasa emg ada y.. Tanpa bobog mika

    ReplyDelete
  10. saya udh masang lmpu proji di beat esp tpi ko mati lampu utama nya

    ReplyDelete
  11. Lampu biru sma merah yg di luar lensa kok ga nyala gan punya saya solusi gan

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum
    Maaf numpang nanya .
    Gimana cara pasang lampung proji mio GT dan apakah lampu proji cocok untuk mio GT masalahnya saya blm tau wkwk..mohon sarannya guys
    Wassalam..

    ReplyDelete
  13. kalau yg 4 lampu mau d fungsikan semua harus pasang saklar satu satu apa gimana bos..

    ReplyDelete
  14. kalau yg 4 lampu mau d fungsikan semua harus pasang saklar satu satu apa gimana bos..

    ReplyDelete
Previous Post Next Post